Tuesday, November 8, 2016

Kecepatan Normal, Bangkinang ke Payakumbuh 2,5 Jam

Jarak dari Bangkinang ke Payakumbuh hanya 140km. Jalan raya lintas yang dilalui cukup bagus. Kondisi di Riau cukup mulus, hanya menjelang PLTA Koto Panjang memang terdapat beberapa tikungan berbahaya namun jika ditempuh dalam kecepatan minimal 60km dipastikan aman.

Ruas jalan yang harus menjadi perhatian memang antara Rantau Berangin dengan Pangkalankotobaru di Kabupaten Lima Puluh Kota, Karena terdapat jalan lurus, tapi menurun atau tanjakan yang panjang. Jika terlena, boleh jadi mobil atau motor sudah dikendalikan. Terutama yang dekat dengan Tanjung Pauh.

Sementara itu, yang harus diwaspadai pengendara juga wilayah di dalam kota kecamatan Pangkalankotobaru, yang sempit dan berbelok. Di sini banyak wanita dan anak sekolah yang membawa motor, atau becak motor yang kecepatannya tidak sebanding dengan mobil.

Selanjutnya terdapat tidak kurang dari 50 tikungan tajam menuju Kelok 9 dari Pekanbaru, harap berhati-hati bagi pengendara, karena kendaraan dari arah atas atau Sumatra Barat menurun dan jalan ada beberapa tikungan tajam yang memiliki sudut belok yang sempit.

Jalanan cukup aman atau kendaraan sekitaran jam 7 pagi hingga 11 siang. Ini waktu-waktu yang aman di luar hari-hari besar atau libur, sebaiknya berkendara jam-jam segini. Kekurangnnya adalah rumah makan jarang yang buka atau masakannya tidak segar, kecuali soto Minang.

Bagi pengendara, terdapat beberapa titik untuk beristirahat, misalnya kedai-kedai soto di Rantau Berangin. Bagi penumpang disarankan jika memang berminat makan mie instant sebaiknya pakai nasi, karena jika hanya mie dapat menyebabkan mabuk perjalanan.

Semoga bermanfaat.







No comments:

Post a Comment